Senin, 14 Agustus 2023

Menyambut HUT Kemerdekaan RI

 Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

Adalah hari libur nasional di Indonesia untuk memperingati Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Setiap tahun pada tanggal 17 Agustus, rakyat Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia/HUT RI dengan meriah, mulai dari upacara bendera hingga berbagai macam perlombaan masyarakat seperti lomba panjat pinang, lomba makan kerupuk, tarik tambang, hias sepeda, karnaval dll. Masyarakat dan diaspora Indonesia didalam dan luar negeri memperingati dan merayakan hari tersebut yang diawali malam renungan do’a tasyakuran, upacara bendera, dan peringatan detik-detik proklamasi pada pagi hari.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan pasal 7 ayat 3 mengatur tentang kewajiban  mengibarkan bendera Merah Putih bagi setiap warga negara yang memiliki hak penggunaan rumah, gedung kantor, satuan pendidikan, transportasi publik dan transportasi pribadi di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia/NKRI, serta kantor perwakilan diplomatik Indonesia di luar negeri pada tanggal 17 Agustus.

Kini, pemerintah menghimbau kepada masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih selama satu bulan penuh di bulan Agustus dari tanggal 1 hingga 31 untuk memperingati HUT RI.

Selain mengibarkan bendera merah putih, masyarakat juga memasang umbul-umbul dengan pola merah putih pada sepanjang jalan, bahkan gerbang dan gapura pun ikut menghidupkan suasana sinar lampu kerlap kerlip indah di malam hari, di wilayah pedesaan maupun kota terlihat semarak menghiasi lingkungan dengan nuansa merah putih sebagai representasi dari warna bendera negara, wujud Nasionalisme untuk memeriahkan hari kemerdekaan.

Dirgahayu Republik Indonesia

Presiden pertama Republik Indonesia Ir. H. Soekarno:

“Bangsa Yang besar, adalah Bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya”.
(pidato/sambutan Hari Pahlawan)
































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Milad Paguyuban Banyumasan Bekasi

Silaturahmi mempererat persaudaraan ... Merajut Kebersamaan melalui ajang silaturahmi, akan memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan dalam be...